Kandungan Dan Pengolahan Teh Hitam Blesstea

Kandungan Teh Hitam

Kandungan teh hitam blesstea – andungan yang ada di dalam teh secara umum bisa berperan sebagai antibakteri alami adalah katekin. Katekin sendiri adalah salah satu prekusor dalam proses pembentuk tanin. Tanin yang masuk ke dalam senyawa polifenol yang bsia menghambat terjadinya fungsi dari membran sitoplasma dan bisa membantu denaturasi protein. Katekin akan menghancurkan membran pada lipid bilayer sehingga pada sel kehilangan struktur dan juga fungsinya yang pada akhirnya mengalami lisis.

Kandungan Teh HitamEpigalokatekin, epigalokatekin galat dan senyawa flavanol mempunyi fungsi utama dalam membantu menghambat dari terjadinya proses sintesis asam lemak pada bakteri. Asam lemak yang ada di dalam bakteri bisa digunakan dan paling utama adalah dalam pembentukan suatu membran sel bakteri. Hal ini disebabkan karena adanya suatu hambatan sintesis pada asam lemak maka pembentukan dari membran sel bakteri biasanya lama kelamaan akan mengalami gangguan. Hal ini juga akan mengakibatkan struktur dan juga fungsi dari membran sel bakteri mengalami kerusakan dan pada akhirnya sel bakteri tadi akan lisis atau mati. Sifat dari katekin yang bisa menjadi sangat larut air dan juga bersifar lipofilik yang bisa menyebabkan terjadinya katekin menjadi sangat mudah melekat pada protein bakteri dan juga toksin yang juga bisa dihasilkan oleh bakteri. Sehingga lama kelamaan akan terbentuk suatu ikatan yang bisa menghambat terjadinya perlekatan pada sel tubuh kita.

Pengolahan Teh Hitam

Metode yang dilakukan pada teh hitam bisa didapat dengan proses maserasi. Proses maserasi adalah suatu proses dalam hal pencarian yang bisa dilakukan dengan cara melakukan peredaman pada simplisia yang bisa menggunakan suatu pelarut yang sesuai dan disertai juga dengan beberapa kali bentuk pengadukan pada temperatur ruang. Prinsip dari proses maserasi sendiri adalah untuk membantu meredam simplisia di dalam cairan penyari, sehingga cairan dari penyarii yang bisa masuk ke dalam sel.

Proses maserasi ini akan digunakan dalam penyarian pada simplisia yang mengandung kandungan zat aktif yang bisa dengan mudah larut yang ada di dalam cairan penyari dan juga tidak mengandung kandungan zat yang bisa dengan mudah mengembang di dalam cairan penyari. Dan keuntungan dari maserasi adalah suatu pengerjaan dan juga menggunakan peralatan yang bisa digunakan secara sederhana dan juga bisa dengan mudah diusahakan. Namun jika ada kerugiannya, maka pengerjaannya akan lebih lama dan penyariannya menjadi kurang sempurna dan kurang bagus.

Selain itu, pelarut yang bisa digunakan dalam membuat ekstrak teh hitam adalah dengan etanol 70%. Dan salah satu bagian dari serbuk teh kemudian akan dimasukkan ke dalam alat meserator, kemudian ditambah etanol sekitar 70% dan juga kemudian diaduk paling tidak selama 3 jam, kemudian akan didiamkan paling tidak selama 24 jam. Dan semua dari maserat disaring dan kemudian diuapkan dengan menggunakan penguap vakum hingga akan didapatkan esktrak kental.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Teh Hitam dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s